Pages

Tips Berwisata Agar Menyenangkan dan Bermakna

Saat masa liburan akan datang. Akan sangat menyenangkan  jika memiliki rencana akan menghabiskan masa liburan dengan perjalanan wisata bersama keluarga tercinta sambil menikmati suasana tempat yang berbeda dari biasanya.

Memang kegiatan tersebut tanpa terasa membuat uang yang dikeluarkanpun tidak lagi terhitung dan baru disadari besaran jumlahnya di kala liburan dengan wisata telah usai.
Bagaimanapun dibutuhkan tips jitu untuk mensiasati liburan anda agar tidak menjadi beban di kemudian hari ? Berikut ini adalah tips-tips yang bisa anda lakukan sebelum dan selama berlibur :


1. Liburan yang dipersiapkan dari jauh hari.
Mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika Anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang dengan perjalanan wisata ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu menjadi lebih baik. Sisihkan dengan cara auto debet dari income bulanan Anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan, agar rencana wisata anda selama masa liburan bisa terwujud.

2. Cari tau besaran biaya ke dan di  tempat tujuan selama berwisata.
Biasanya mengambil paket liburan yang ditawarkan dan disediakan oleh pihak tour and travel bisa lebih ekonomis. Namun jika Anda ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat wisata untuk mengisi liburan yang dituju. Besaran biaya transportasi, akomodasi, tiket masuk tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.

3. Manfaatkan paket promosi dan berpotongan harga.
Untuk besaran biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika anda bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik kenalan bisa dijadikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.

4. Cermatlah dalam memilih lokasi wisata dan arena rekreasi.
Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi yang pasti akan membebani budget wisata anda.

5. Cermat memilih tempat makan / restoran.
Sama seperti cermat memilih tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos transport pula.

6. Cermat memilih tempat wisata belanja
Tempat belanja yang kurang populer atau terkenal biasanya memiliki harga lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis, bahkan transaksi masih bisa dilakukan dengan tawar-menawar harga. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang Anda.

7. Sebisanya bekal makanan dijalan dipersiapkan.
Jangan lupa dan biasakan selalu mempersiapkan dan membawa bekal makanan seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu yang berakibat pemborosan anggaran wisata anda.

8. Monitor selalu pengeluaran selama perjalanan wisata anda.
Upayakan membawalah uang saku sesuai dengan budget,  dan tetap catat serta monitor perkembangan semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir.

9. Menyesuaikan waktu akan menghemat biaya perjalanan wisata anda.
Jika anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season” . seperti penerbangan dengan pesawat terakhir pada malam hari atau lainnya.

10. Pastikan berwisata pada masa liburan tetap ada.
Jika budget Anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian wisata yang jauh, liburan didalam kota anda sendiri bisa menjadi pilihan yang layak dan tidak kalah menariknya.
Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak menjadi pilihan berwisata. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga, dengan membuat acara atau kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Kemaslah dengan baik dan semenarik mungkin agar dapat menyenangkan bagi yang terlibat didalamnya. Terpenting, berpikir kreatif dan selalu inovatif dengan ikhlas untuk membuat seluruh anggota  merasakan bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.

Demikian tips handal yang dapat anda gunakan untuk membahagiakan keluarga dalam mengisi masa liburannya.

0 comments:

Post a Comment

 
free 7 - seo friendly blogspot template - template blogger template blogger