Pages

Anjungan Taman Mini Indonesia Indah

Anjungan Daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Terdapat 26 Anjungan Daerah yang dibangun berderet mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia, melambangkan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Tiap provinsi menampilkan sekurangnya tiga bentuk rumah adat khas daerah, berada di satu kawasan yang disediakan untuk provinsi bersangkutan.

Bentuk rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya. Bahkan ada yang langsung dipindahkan dari daerahnya, seperti rumoh Aceh Cut Meutia yang langsung dibawa dari Nanggroe Aceh Darussalam.


Anjungan Daerah dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai rumah adat berbagai suku bangsa di Indonesia kepada masyarakat luas, terutama generasi muda yang mungkin tidak sempat lagi melihat rumah adat di daerah asalnya. Bangunan dan rumah adat sekaligus digunakan sebagai tempat pameran dan peragaan berbagai benda sejarah, pakaian adat, peralatan kesenian, hasil kerajinan, dan benda-benda budaya lain yang merupakan warisan bangsa yang tak ternilai harganya. Pengunjung dapat melihat dari dekat dan memperoleh informasi yang diperlukan, termasuk beragam suku bangsa berikut adat istiadat daerah masing-masing, karena Anjungan Daerah tak ubahnya miniatur provinsi yang diwakilinya sehingga materi isi, koleksi, beserta seluruh atraksi yang disajikan merupakan refleksi kehidupan budaya provinsi bersangkutan.

Mengunjungi Anjungan Daerah satu demi satu serasa mengelilingi Indonesia. Mengintip rumah rakit di Anjungan Sumatera Selatan, berfoto di depan rumah Gadang khas Minangkabau di Anjungan Sumatera Barat, menikmati lenggang lenggok penari jaipong di bangunan model keraton Kasepuhan Cirebon, Anjungan Jawa Barat, sampai pada petualangan menemukan keunikan dan kearifan rumah panjang Lamin, suku Dayak Kalimantan, dan seterusnya merupakan pengalaman yang tak mungkin dilakukan dalam waktu yang sangat pendek.

Pada hakikatnya, Anjungan Daerah merupakan inti dan identitas TMII.

0 comments:

Post a Comment

 
free 7 - seo friendly blogspot template - template blogger template blogger